QLT workshop (part II)

by - 7:37 PM


Hmm! Satu kata yang penting untuk aku ucapkan setelah ikut workshop QLT ini adalah "SYUKUR". 

Ya, aku sangat bersyukur sekali bisa dapat kesempatan yang begitu berharga untuk mendapatkan materi, mempelajari praktek, mendalami tentang Hypnotherapy, bagaimana cara 'memainkan' pikiran dan alam bawah sadar, bertemu dengan orang-orang baru, tentunya Bapak tentor yang ku hormati. Bapak Adi W. Gunawan. 
Empat hari ini begitu berharga buat hidupku, bahkan sangat berharga. Di empat hari kemarin (13-16 Sept 2012) aku berkumpul dengan orang-orang baru yang sama-sama ikut pelatihan ini. Mereka berasal dari seluruh kota di Indonesia, mulai Jawa Timur sendiri sampai Medan, Sulawesi, dsb.. Ada yang guru, EO, Manajer, Pemilik Perusahaan, Mahasiswa, Sales.. ah semua berkumpul jadi satu dan tidak ada yang saling membedakan. Dari yang berwajah khas Indonesia, arab dan kebanyakan oriental.
Hari pertama waktu kumpul di bandara Juanda dan naik bis yang mengantar ke Hotel Royal Senyiur Prigen, aku deg-degan banget, apalagi waktu Mama sama Papa sudah pulang nganterin aku. Di bis aku duduk di belakang sendiri, diapit sama dua Bapak yang badannya gede-gede. Sampai di hotel aku langsung checkin dan masuk kamar, ternyata di kamar msh belom ada orang. Nggak lama ada yg ngebel pintu kamar dan Alhamdulillah aku dikumpulkan sama anak yang usianya ngga jauh beda sama aku, and they're both very kind. Mona and Yessi.


Oke malamnya langsung dimulai Workshop #1, diawal kita dijelaskan apa aja materi yang akan diajarkan di workshop ini sampe 3 hari ke depan, diajarkan apa itu pikiran bawah sadar, apa itu Hypno-EFT dan diajarkan bagaimana cara melakukan relaksasi (masuk ke pikiran bawah sadar). Oya di malem pertama ini, ada games yang dilakukan berkelompok, disini kelompoknya diurutin secara random, nah dengan games ini juga aku bisa mengenal orang-orang baru, seperti Meme Mega, ibu muda yg lucu dan spontan, Koko Edwin yg selalu ingin tau, Ibu Merry, nenek-nenek yang berhati lembut, dsb..


Workshop #2, dimulai jam 9 pagi. Pertama kita disuruh mempraktekan Relaksasi (masuk jauh ke pikiran bawah sadar). HAHA! I really love this section! Jadi pertama kita melihat satu titik, menarik nafas panjang, lalu kemudian memejamkan mata, mengunci engkel dan Tarraaaa! We're already in our very depth mind! Pertamanya aku susah buat memahamin gimana masuk ke dalam dan sebagainya, nah untungnya Pak Adi menyiapkan alat yang namanya Brain... Brain.. damnit i forgot the name :/ Whatever deh pokoknya alat itu berfungsi untuk mengukur gelombang otak. Jadi ada alat yang ditempelkan di dahi dan di telinga. Waktu itu aku masih blank dan sama sekali engga tau gimana kita udah masuk ke dalam pikiran bawah sadar atau belum, jadi aku memberanikan diri buat maju ke depan dan di tes pake tuh alat tadi. Dan voila! ternyata hanya dalam hitungan 3 detik, gelombang delta yg ada di otakku sudah membesar frekuensinya. Oke aku jelasin dulu ya, manusia punya 4 gelombang otak, yaitu Beta, Alpha, Teta dan Delta. Di saat kita dalam keadaan bangun, itu gelombang Beta kita frekuensinya besar, dan disaat kita tidur gelombang otak yang paling besar frekuensinya adalah Delta. 
Jadi keadaan ultra depth relaxation adalah keadaan dimana kita berada dalam pikiran bawah sadar, namun pikiran sadar kita masih bekerja (Gelombang delta paling besar namun gelombang Beta masih ada, dengan frekuensi kecil). Dan satu hal yang perlu diketahui, bahwa PIKIRAN BAWAH SADAR KEKUATANNYA LEBIH BESAR 9X DARI PIKIRAN SADAR. Yes right, thats the point kenapa kita harus bisa "memainkan" pikiran bawah sadar kita. Dan ini manfaatnya sungguh banyak, sunggguuuhh banyak!
Oya, di hari kedua ini Pak Adi mempraktekan cara mensugesti diri kita sendiri. Pertama pak Adi menyuruh kita mengukur panjang tangan kiri menggunakan jengkal tangan kanan, trus Pak Adi menyuruh kita relaksasi dan Beliau mengatakan sugesti kepada kita 'tangan kanan kita menjadi lebih panjang.. panjang dan saaangaaaat panjang" Nah pas kita udah membuka mata, kita disuruh mengukur lagi panjang tangan kita. Buseeettt, pertama sebelum di sugesti, tangan kiriku lebih pendek dari 2x panjang jengkal tangan kanan. Tapi setelah disugesti, tangan kiriku jadi lebih panjang, dan aku SERIUUUSSS!! Enggak bohong. Yeaaa semua peserta kaget. Hmm.
Trus ada lagi, Pak Adi menyuruh satu peserta maju kedepan, dia mensugesti bahwa dia tidak punya nama. Eh ternyata beneran dia kebingungan waktu ditanyain namanya siapa. Magic. ...


Workshop #3. Seperti kemarin, workshop dimulai jam 9 pagi. Hari ini kita diajarkan Hypno-EFT. Apa itu hypno-EFT? Mmmm.. penjelasan singkatnya ya seperti mensugesti diri kita sendiri, memasukkan sugesti positif dan menghilangkan emosi yang jahat di pikiran bawah sadar. Caranya bukan cuma masuk ke dalam pikiran bawah sadar, tapi juga ada gerakan. Fiuuhh.. *tiup tiup senjata*

Hahaha. Yes, jadi kita menggunakan jari telunjuk dan jari tengah (didempetkan) kemudian tiup dengan bangga, kemudian letakkan di dada bagian kiri (tempat pembuluh darah) diputar-putar sambil menggumamkan "mantera". Manteranya ngga sembarangan lho :))
Kemudian menarik nafas panjang, dan mulai mengetuk-ngetuk sore spot sesuai urutan, mulai pangkal alis, sampe ujung telapak tangan (whatever lah i don't know what its name). AAAAAAKKK IT'S REALLY FUN AND ITS WORK! REALLY WORK!
Di hari ini juga, kita diajarkan bagaimana bertemu dengan ego state, yaitu "orang-orang' dalam pikiran bawah sadar kita, dimana kita bisa berbincang dengan mereka. Kita juga diajak bertemu dengan "Sang Bijaksana" yang berada di dalam pikiran bawah sadar kita. Dan you know, ego state saya ada yang bernama Rita dan Toni. Hmm.


Workshop #4. This is the very last day. Pertama kita disuruh menuliskan impian diselembar kertas, kemudian diikatkan pada balon. dan kemudian kita bersama-sama keluar untuk menerbangkan balon tsb. Its FUN once again. Oya, aku belom sempet cerita yah, papaku kan pernah ikut QLT juga (angkatan 14, saya angkatan 17), dari rumah papa sudah bilang kalo aku disuruh menulis impian dengan sungguh-sungguh, karena walaupun menerbangkan balon itu hanya kiasan, tapi berarti sangat banyak. Dan beberapa dari impian yg ditulis papa waktu itu sudah terwujud. Alhamdulillah, amin :))

Setelah prosesi menerbangkan balon impian, kita diberi materi lagi oleh Bapak Adi. Materi tentang menghidupkan sosok-sosok yang berarti di hidup kita untuk dimasukkan ke dalam hati kita agar dapat menjadi pembimbing kita selalu. Pada sesi ini aku nangis sejam lebih, engga berhenti. Sumpah!
Dan kemudian terakhir kita bernyanyi bersama dan sesi foto-foto. 






Rasanya enggan banget menyelesaikan ini semua. Pengen rasanya setiap hari diberi masukan hal-hal yang positif oleh Bapak Adi.. The wiseful man i ever met. 

Bu Ely, yang sangat cantik, penuh semangat dan sangat care sama aku. 
Terimakasih Bapak Adi W. Gunawan, Ibu Ely Susanti, Pak Andy, Pak Sasmita yang bener" care, Pak Tony, Bu Rini......
GOD BLESS YOU ALL.

You May Also Like

0 COMMENTS